Tuesday, February 5, 2013

Membangun Web Server pada jaringan Speedy

Memanfaatkan layanan speedy, saya mencoba untuk membuat web server dengan menggunakan free DDNS (Dynamic DNS).
Berikut ini hal-hal yang mendasari langkah saya selanjutnya:
  1. Target konfigurasi dengan se-sedikit mungkin mengubah konfigurasi pada modem WiFi yang telah dilakukan oleh teknisi Telkom.
  2. Memanfaatkan Wireless Router yang sudah ada/digunakan sebelumnya.
  3. Memilih DDNS yang menyediakan fasilitas untuk melakukan update current IP secara otomatis agar web server dapat diakses setiap saat.
Langkah yang saya lakukan :
1. Satu perubahan pada modem WiFi melalui menu Advance Setup - Firewall sbb :
2. Memanfaatkan fasilitas/menu Forwarding-DMZ sbb :
3. Saya memilih menggunakan fasilitas dari No-IP karena tersedianya fasilitas update IP secara otomatis dengan menggunakan software gratis yang disediakan : Dynamic Update Client (DUC).
 
Jadilah web server saya yang dapat diakses melalui URL : http://wjnotes.zapto.org

No comments:

Post a Comment