Tuesday, March 17, 2015

Pengalaman pindah layanan dari Speedy (ADSL) menjadi Indihome (FO)

Setelah Telkom memindahkan layanan Talkom Speedy (ADSL) menjadi Indihome (FO) satu hal yang tidak terlupakan untuk saya lakukan : Cek Kemampuan Jaringan
Berikut ini hasil test speed semalam dengan menggunakan Internet Explorer dan Firefox :

Test 1

Test 2

Wednesday, March 11, 2015

Pengalaman dengan Speedy

Setelah nyaman menikmati layanan speedy - khususnya terkait TVoD-nya, modem mulai bermasalah. Modem (ZTE ZXV10W300) sulit dinyalakan bila sudah mati - hanya lampu merah yang berkedi-kedip. Hal ini biasanya terjadi setelah listrik padam.

Tanggal 6 Jun 2014 - sekitar 21:13 WIB, dimulai dengan memberikan informasi ke call center 147 diterima oleh Wibi (?) bahwa modem sulit dinyalakan bila habis mati mohon dapat dilakukan penggantian modem.
Biasanya saya hanya menghubungi Telkom 147 lagi untuk melaporkannya bila terjadi kembali, karena modem masih dapat digunakan meskipun sulit dinyalakan, perlu 5-10 menit untuk menyalakannya.

Tanggal 24 Jan 2015 - 10:15 WIB , modem kembali sulit 'dibangunkan dari tidurnya' setelah listrik padam. Modem baru bisa dinyalakan setelah 2 jam tombol power dinyala-matikan. Kali ini saya melaporkannya melalui twitter @TelkomCare dengan No Tiket 1003599xxx yang saya peroleh melalui Telkom 147.

Tanggal 6 Feb 2015 - 18:42WIB, karena belum ada respon dari Telkom saya kembali mengingatkan melalui @TelkomCare agar modem dapat diganti.

Tanggal 10 Feb 2015 - sekitar 9:00WIB, saya kembali menghubungi Telkom 147 karena kali ini modem 'tidak bisa' dinyalakan. Saat menanyakan status Tiket No 1003599xxx dijawab oleh ibu Vitra (petugas Call Center) bahwa Tiket sudah closed - kasus dianggap sudah diselesaikan. Tidak dimengerti mengapa Tiket bisa di-closed padahal sudah dingatkan sebelumnya bahwa masalah belum diselesaikan.
Ketika Tiket minta dibuka kembali dijawab tidak bisa sehingga harus dibuatkan tiket baru 1003758xxx, artinya dianggap masalah baru.

Tanggal 10 Feb 2015 - 12:30WIB, saya menyampaikan keluhan melalui @TelkomCare dan menanyakan waktu untuk penyelesaian masalah tsb. Seperti biasa, dijawab 'maaf atas ketidaknyamanannya', 'mohon bersabar' ...
Sambil menunggu respon dari Telkom, saya coba mencari solusi sendiri.
Setelah dicoba-coba, ternyata masalah timbul karena adaptor yang bermasalah. Hal ini saya ketahui setelah mencoba mengganti dengan adaptor yang pernah dibeli di salah satu supermarket dekat rumah.
Hal tsb saya sampaikan ke @TelkomCare pada pukul 17:57WIB di hari yang sama. Dengan harapan penggantian Adaptor dapat lebih cepat daripada penggantian modem. Sambil mengingatkan agar Tiket tidak di-close dahulu (karena modem hidup TIDAK dengan Adaptor yang semestinya).

Tanggal 9 Mar 2015 - 10.08 WIB, kembali saya mengingatkan melalui @TelkomCare agar Adaptor dapat segera diganti karena khawatir modem jadi bermasalah.

Tanggal 10 Mar 2015 - sekitar 16:00WIB, saat di kantor,  saya mendapat telpon dari rumah bahwa ada 5 orang petugas Telkom akan 'mengganti modem'. Mengingat belakangan ini banyak terjadi kejahatan di rumah, saya jadi curiga karena untuk mengganti modem tidak dibutuhkan 5 orang.
Setelah ditanyakan lebih lanjut, ternyata bukan hanya modem yang diganti - jaringan yang digunakan juga akan diganti dengan FO. Alias layanan Speedy 'diganti' dengan layanan IndiHome yang sedang digalakkan di lingkungan kami.
Singkat cerita istalasi dapat diselesaikan sekitar 2 jam dan sejak saat itu  layanan Speedy melalui ADSL diganti dengan layanan IndiHome yang full FO hingga masuk rumah. Tentu saja modem yang digunakan  sebelumnya (ZXV10W300) harus diganti dengan modem baru yang mendukung FO (ZTE-F660).
Sedangkan untuk nomor telpon saat ini masih tetap menggunakan kabel tembaga yang digunakan untuk layanan ADSL sebelumnya.

Pesan moralnya : HARUS SABAR - Jangan putus asa untuk melaporkan dan menanyakan kembali.

Dan tidak lupa :
Terima Kasih atas segala usaha yang telah dilakukan oleh 'kakak-kakak' di @TelkomCare yang sudah membantu sehingga proses perbaikan ini dapat dilakukan.

Sunday, February 17, 2013

Pengalaman pertama menggunakan iPAD

Dua hari ini saya berkesempatan menjajal menggunakan iPAD, pengalaman pertama menggunakan iPAD yang saya ingin bagi adalah :

1. Upgrade IOS iPAD ternyata tidak sulit.
Karena IOS awal yang saya gunakan adalah 3.2.1, maka untuk upgrade harus menggunakan iTunes yang dapat di-download di http://www.apple.com/itunes/download/

2. Dalam menggunakan iPAD sangat membutuhkan Apple ID.
Karena saya kurang nyaman dengan memasukkan informasi Kartu Kredit pada saat membuat Apple ID, maka saya membuat Apple ID dengan Payment Method : None yang (hanya) dapat dilakukan melalui iTunes dengan cara : men-download Software Free/Game Free melalui iTunes (yang kita gunakan untuk upgrade IOS - poin 1) dan diikuti dengan membuat Account Baru (Create New Account)!

3. Jangan membuat Apple ID melalui https://appleid.apple.com
Karena untuk menggunakannya di Apple Store wajib mengisi informasi pembayaran dengan Kartu Kredit, meskipun kita tidak ingin membeli apapun.

4. Apple ID tidak dapat dihapus (immortal) tetapi alamat email yang digunakan untuk Apple ID dapat kita ganti.
Sehingga kita dapat menggunakan email address yang kita inginkan untuk Apple ID dengan Payment Method : None

Sementara ini 4 poin tsb di atas yang dapat saya share, semoga membantu.

Wednesday, February 6, 2013

Speedy memblokir akses ke www.noip.com

Per malam ini akses melalui jaringan speedy (yang saya gunakan) ke www.noip.com telah di blokir dengan alasan mengandung unsur Pornografi, Judi, Phising, SARA atau PROXY.


Update :
Per 14 Feb 2013 - 20:15WIB*), www.noip.com sudah dapat diakses kembali - Terima Kasih Telkom...




*) online pertama pada tgl tsb.

Tuesday, February 5, 2013

Membangun Web Server pada jaringan Speedy

Memanfaatkan layanan speedy, saya mencoba untuk membuat web server dengan menggunakan free DDNS (Dynamic DNS).
Berikut ini hal-hal yang mendasari langkah saya selanjutnya:
  1. Target konfigurasi dengan se-sedikit mungkin mengubah konfigurasi pada modem WiFi yang telah dilakukan oleh teknisi Telkom.
  2. Memanfaatkan Wireless Router yang sudah ada/digunakan sebelumnya.
  3. Memilih DDNS yang menyediakan fasilitas untuk melakukan update current IP secara otomatis agar web server dapat diakses setiap saat.
Langkah yang saya lakukan :
1. Satu perubahan pada modem WiFi melalui menu Advance Setup - Firewall sbb :
2. Memanfaatkan fasilitas/menu Forwarding-DMZ sbb :
3. Saya memilih menggunakan fasilitas dari No-IP karena tersedianya fasilitas update IP secara otomatis dengan menggunakan software gratis yang disediakan : Dynamic Update Client (DUC).
 
Jadilah web server saya yang dapat diakses melalui URL : http://wjnotes.zapto.org

Monday, February 4, 2013

Manipulasi perintah 'grep' pada unix.

Terkadang kita perlu melakukan grep pada proses unix tetapi tanpa ingin menampilkan perintah grep yang kita gunakan.
Caranya mudah, dengan menambahkan '[' dan ']' pada salah satu karakter yang akan kita cari.
Semoga membantu.

Saturday, February 2, 2013

Denda pada tagihan pertama...hik...

Semalam layanan internet speedy saya diputus (tetapi tidak termasuk layanan Groovia) disebabkan 'belum bayar'. Saat dilakukan pembayaran, dikenakan denda karena terlambat bayar.
Agar tidak terjadi pada pengunjung setia blog ini, berikut ini saya bagikan pengalaman yang saya alami.
Tagihan pertama Speedy jatuh tempo tepat dua bulan (karena ada gratis pada bulan pertama)  setelah tanggal Berita Aktifasi. Saran saya : Catat pada kalender anda.

Tagihan pertama Speedy tidak akan muncul dimanapun, termasuk tidak muncul dalam tagihan bulanan telpon. Sehingga meskipun pembayaran tagihan telpon dilakukan tepat waktu, tetap saja biaya berlangganan tidak terbayar.
Saat menghubungi 147 (oleh p 'Iv') , saya diminta untuk melakukan pembayaran melalui ATM atau Alfamart terdekat. Jangan anda ikuti saran tsb, karena akan sia-sia !
Tagihan pertama Speedy tidak bisa dibayar melalui ATM,Alfamart maupun eBanking.
 
Tagihan pertama Speedy hanya dapat dilakukan di Plasa Telkom !
Dan denda sudah tertera karena jatuh temponya berbeda dengan tagihan telpon .... hik..

Semoga informasi ini dapat membantu.